Kunci Sukses Interview LPDP dengan Latihan Mockup Interview Danaya

Doc. (Sumber:internet)

duniahalimah.com–Berlatih mock up interview beasiswa sangat penting untuk menunjang kepercayaan diri dalam menghadapi interview sesungguhnya. Hal inilah yang dilakukan oleh mereka para calon awardee beasiswa LPDP

Jika teman-teman lebih peka, di media sosial ada banyak komunitas, course baik gratis dan berbayar untuk memberikan wadah kepada mereka yang mau berlatih mockup interview beasiswa LPDP. Salah satu organisasi yang menyediakan layanan itu adalah Yayasan Darma Negara atau disebut Danaya yang didirikan oleh kak Deris Nagara. 

Pada tahun ini aku bergabung menjadi bagian Danaya di devisi Research and Development, khususnya program LPDP. Sepanjang mengabdi di Danaya, terhitung dua kali pembukaan beasiswa LPDP aku ikut berkontribusi dalam persiapan dan mengawal langsung sebagai LO Mockup (Liaison Officer). 


Pengalaman pertama menjadi LO di program mockup interview LPDP, nampaknya pernah kutulis di blog ini. Kesan pertama yang kurasakan, seakan-akan aku sendiri yang sedang berlatih interview. Pengalaman mentor yang disampaikan saat sesi mockup interview menambah pengetahuanku, meski belum pernah mendaftar beasiswa LPDP.
 
Hari ini pun (14/9) aku juga bertugas mengawal mockup interview LPDP Non LoA yang diadakan oleh Danaya. Malam ini menghabiskan sekitar 2 jam 40 menit latihan mockup bersama kak Natasya Palasa, seorang awardee LPDP Colombia University. 

Kusebut seru mockup nya karena tak sadar sudah jam 23.00 malam. Kak Natasya selaku mentor memberikan pertanyaan dan peserta mockup menjawabnya. Setelah semua pertanyaan sudah terjawab, mentor akan memberikan feedback kepada mentee (sebutan peserta). 

Beberapa catatan yang kudapat hari ini; 
  1. Perkenalan di awal sebaiknya tidak lebih dari 1 sampai 1,5 menit,
  2. Penting menyebut kata terima kasih saat ditanya oleh penginterview
  3. Boleh membuat main map saat interview
  4. Ketika menjawab hendaknya berpikir lima detik. 
Itu singkatnya, selain lima poin ini sebetulnya masih banyak lagi. 😁 Boleh juga baca postingan di link ini...

Bagiku sebagai LO, latihan mockup interview LPDP maupun beasiswa lain sangat penting. Mengapa? Seperti kata orang bijak, “Bisa karena terbiasa”. 

Jadi kalau kamu butuh mockup interview LPDP bisa pantengin Instagram Danaya. Mockup-nya gratis loh ya! 🥰🥰

Post a Comment

0 Comments